STQ XXV Nasional dikemas dengan konsep khas Pontianak

Posted on 24 June 2019


Pontianak (ANTARA) - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyatakan, penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXV Tingkat Nasional yang akan digelar di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat dikemas dengan konsep khas Pontianak.

"Konsep STQ sendiri bernuansa khas Kota Pontianak, di antaranya Istana Kadriyah, 'tanjak' untuk mimbar tilawah di Sungai Kapuas, dan bola dunia di Tugu Khatulistiwa serta ornamen-ornamen khas Pontianak yang kami tonjolkan," kata Edi Rusdi Kamtono di Pontianak," Jumat.

Adapun infrastruktur yang tengah dipersiapkan di antaranya panggung untuk acara pembukaan dan penutupan STQ, mimbar tilawah yang ada di Sungai Kapuas dan Tugu Khatulistiwa. Selain itu ada beberapa lokasi lainnya seperti di Masjid Raya Mujahidin, IAIN dan Untan Pontianak.

"Kita mau memastikan bahwa minimal H-7 sudah siap dan sudah bisa difungsikan, termasuk penataan selain finishing, ada 'lighting', sound system serta jalur lalu lintas orang dan barang," ujarnya.

Di Taman Alun-alun Kapuas, tambah Edi, juga akan dibangun stand pameran yang akan diisi oleh seluruh provinsi se-Indonesia. Untuk penataan stand-stand, disesuaikan dengan kondisi Taman Alun-alun Kapuas supaya lalu lintas orang maupun barang lancar.

Edi berharap dukungan seluruh masyarakat untuk memberikan sambutan yang hangat dan ramah terhadap para tamu yang datang ke Pontianak nanti. "Secara tidak langsung, kita berikan kesan bahwa Pontianak kota yang ramah, yang layak huni, dan aman bagi peserta," katanya.

Dia memperkirakan ada sekitar 1.500 tamu dari berbagai provinsi se-Indonesia akan datang ke Kota Pontianak dan peserta STQ yang sudah memastikan keikutsertaannya sekitar 600-an peserta, belum termasuk official dan para pendamping masing-masing kontingen.

"Tersisa 14 hari lagi acara pembukaan STQ Nasional. Saya setiap hari memonitor dan mengecek langsung kesiapan infrastruktur untuk pelaksanaan STQ ini," ujarnya.

Disinggung soal target juara STQ, Edi berharap ada qori dan qoriah Kota Pontianak atau Provinsi Kalbar yang mendulang juara lomba tingkat nasional ini. "Kita doakan semoga ada qori qoriah dari Pontianak maupun Kalbar yang menunjukkan prestasinya pada STQ Nasional ini," katanya.

Pewarta : Andilala
Editor : Andilala
COPYRIGHT © ANTARA 2019


IMG-20190614-WA0045.jpg Lihat Berkas

Cari Berita
Kategori Berita
Pengumuman Terbaru
tes

26 July 2023

NEW
Pemkot Pontianak Buka 233 Formasi CPNS

26 June 2019

NEW
Agenda Terbaru
Statistik Pengunjung
  • Hari Ini 71
  • Bulan Ini 32995
  • Tahun Ini 155786
  • Total 387922