STQ Nasional ke 25 di Pontianak, Ini Lima Panggung Pergelaran dan Spesifikasi Perlombaan

Posted on 24 June 2019


Pontianak (ANTARA) - Kota Pontianak, Provinsi Kalbar akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXV, yang direncanakan pada Juni hingga Juli 2019, kata Wali Kota, Edi Rusdi Kamtono.

"Sebagai tuan rumah, kami terus berbenah dan melakukan berbagai persiapan untuk menyambut tamu-tamu dari seluruh Indonesia, baik itu para pejabat maupun kafilah yang hadir dari seluruh Indonesia," kata Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Kamis.

Edi mengatakan, dirinya ditunjuk sebagai Ketua Harian untuk penyelenggaraan STQ Nasional XXV oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji.

"STQ XXV tahun 2019 akan dipusatkan di Taman Alun-alun Kapuas dengan latar belakang Sungai Kapuas, sehingga pembukaan dan penutupannya juga akan dilakukan di taman tersebut," ungkapnya.

Selain di Taman Alun-alun Kapuas, Tugu Khatulistiwa juga menjadi lokasi tempat digelarnya STQ. Dipilihnya Tugu Khatulistiwa lantaran sebagai satu-satunya kota di dunia yang dilewati garis hatulistiwa, katanya.

"Tepat di titik nol derajat, nol menit dan nol detik kita tempatkan mimbar tilawah berupa bola dunia. Nanti di sana akan menjadi hal yang unik dan benar-benar instagramable, selain itu di Masjid Raya Mujahidin, Kampus IAIN dan Untan Pontianak," ungkap Edi.

Kemudian, di kawasan Taman Alun Kapuas atau waterfront akan dibangun mimbar tilawah di atas air secara permanen. Mimbarnya didesain berbentuk tanjak khas melayu dengan pernak-perniknya sehingga di sana akan menjadi monumen, demikian pula halnya di Tugu Khatulistiwa.

"Sehingga mimbar-mimbar itu menjadi ikon sejarah bahwa STQ Nasional XXV digelar di Kota Pontianak," ujarnya.

Ia menambahkan, pada acara pembukaan STQ nantinya juga dimeriahkan dengan meriam karbit khas Pontianak di mana akan dibunyikan sebanyak 25 kali dentuman sesuai dengan STQ XXV. Untuk semakin menyemarakkan gelaran tingkat nasional ini, pihaknya akan merangkaikan dengan kegiatan lainnya seperti pameran, berbagai perlombaan yang semuanya mengarah pada kegiatan STQ Nasional XXV.

"Kami berharap seluruh warga Kota Pontianak ikut memeriahkan STQ Nasional XXV dengan terlibat langsung maupun tidak langsung," kata Wali Kota Pontianak itu.

Pewarta : Andilala
Editor : Andilala
COPYRIGHT © ANTARA 2019


stq.jpg Lihat Berkas

Cari Berita
Kategori Berita
Pengumuman Terbaru
tes

26 July 2023

NEW
Pemkot Pontianak Buka 233 Formasi CPNS

26 June 2019

NEW
Agenda Terbaru
Statistik Pengunjung
  • Hari Ini 98
  • Bulan Ini 33022
  • Tahun Ini 155813
  • Total 387949